Sabtu, 17 Desember 2011

Remaja

Sebenernya, remaja itu apa sih? Oke, semua orang juga udah tau kalo remaja itu perkembangan menuju dewasa. Tapi, apakah remaja itu tanggung jawabnya di bawah dewasa?

Kita maklumi kalau ada istilah remaja di dunia, teenager. Biasanya dunia remaja itu dunia yang banyak enjoynya, banyak hangout sama kawan-kawan sebaya, banyak ngomongin soal cinta, banyak jahil sama temen atau sama yang lebih muda en sebagainya. Tapi kalo dipikir-pikir, apa ada gunanya kalo udah dewasa nanti?

Dalam agama, sebenernya kalo yang namanya udah aqil baligh itu yaa berarti udah dewasa. Pahala dosa ya udah ada sama dia. Kalo dia buat baik itu berpahala, kalo dia buat buruk ya berdosa. Nah, sama aja kan dengan dewasa? Gak ada bedanya. Oke, sekarang kita bisa buat kesimpulan. Yang beda antara "remaja" dengan dewasa itu cuma di psikologisnya, tapi kalo di urusan amal ibadah udah sama.

Banyak banget "remaja" yang ngerasa kalo di masanya sekarang itu kudunya banyak enjoy, banyak hangout, banyak ketawa ketiwi en segala macem. Oke, sekali lagi, psikologi remaja rata-rata emang gitu. Tapi apa bisa diminimalisir? Ya bisa aja. Kalo dipikir-pikir lagi, berapa banyak coba waktu para "remaja" itu dibuang gitu aja cuma buat hangout, enjoy, mikirin cinta, jahil-jahilan en sebagainya? Apa itu bisa dibilang menuju kebaikan? Kalo ngumpul sih iya, memperkuat silaturrahim. Tapi kalo keseringan hangoutnya gimana, hayo? Malah lebih banyak membawa keburukan. Apalagi hangoutnya itu di mall, barengan sama laki-laki yang biasanya itu kawannya dari kawannya dari kawannya kawan *libet*. Malah lagi musim hangoutnya itu di mall malem-malem. Ada gunanya gak sih itu?

Banyak banget "remaja" yang kejebak sama waktunya sendiri. Mereka lebih mikir untuk senang-senang aja dulu. Tapi apa sih tujuan hidup kita di dunia? Apa cuma senang-senang aja? Apa sih tujuan Allah ngirimin kita ke dunia? Cuma ngabisin waktu aja? Oke, untuk yang ini lain kali aja ya dibahasnya. Silahkan susun pemikiran soal ini :)

Jadi, apa yang seharusnya kita sebagai "remaja" lakukan? Sebenernya hidup kita cuma bentar aja di dunia. Kalo kita terus-terusan gitu aja gak ada perkembangan menuju ke arah yang lebih baik, gimana nantinya kalo kita ngehadapi Allah buat mempertanggungjawabkan semuanya? Waktu kita di dunia itu sedikit, jadi manfaatkan waktu itu buat kebaikan. Seperti yang dibilang tadi, kalo berbuat baik itu berpahala, kalo berbuat salah ya berdosa. Dan para "remaja" udah nanggungin itu semua semenjak aqil baligh. Bukan berarti hangout, enjoy en segala macemnya itu enggak boleh, tapi jangan jadikan itu sebagai prioritas hidup. Sekali-sekali aja, buat keperluan penting. Toh Allah Maha Melihat kan? Toh kita gak mau ngecewain Dia sebagai Pencipta kita kan?

Oke, saatnya "remaja" tidak hanya sekedar remaja biasa, tapi remaja yang luar biasa. Dan kita sama-sama belajar untuk ke sana :)

0 comments:

Posting Komentar