Jumat, 30 Desember 2011

Masjid Raya, Who Cares?

Mau nulis apa ya jam segini? Yaah, as usual, pagi-pagi gini aku nulis disini sekaligus mantau siapa aja yang baca. Kalo fans aku yaaa pasti tau kok, gak mesti dijelasin *dibacain yasin*. Yaaaa i'm so happy bcoz many more blog viewer who wanna view my blog *karena udh dipublish di fb juga ini =.=*. Nah, pagi ini, i'd like to share about my town heritage, Masjid Raya Al Mashun Medan.


Kalo dia itu seorang yang tinggal di Medan, ataupun dia itu suka sama sejarah Melayu, or maybe if he is not Indonesian, he is a backpacker who likes visiting Medan very much, pasti tau soal mesjid ini. Peninggalan Kesultanan Melayu yang super duper megah, en kalo enggak salah mesjid ini udah well-known banget around the world. Karena letaknya strategis, gak terlalu jauh dari pusat kota. Masjid mulai dibangun tanggal 1 Rajab 1324H atau 21 Agustus 1906 dan selesai 10 Sept 1909 oleh Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Rancangannya juga luar biasa megah, pokoknya kalo kita liat pola bangunannya terus juga gaya arsitekturnya, masih dibilang enggak ketinggalan zaman, karena gayanya diambil dari budaya Timur Tengah, India en Spanyol. Bahan dekorasinya juga dari Italia en Jerman bahkan dulu jadi bagian dari istana Kesultanan Deli *jaraknya sama Istana Maimoon kan enggak jauh-jauh amat*. Mesjid ini dibangun dengan bentuk segi-8, memiliki 4 sayap disetiap bagian selatan timur utara dan barat yang berbentuk seperti bangunan utama tapi ukurannya lebih kecil. Luas keseluruhan bangunannya  5.000 meter.

Konsep bangunan utama beserta bangunan sayap katanya merupakan konsep bangunan masjid kuno di timur tengah. Disana masjid dibangun dengan ruang tengah sebagai ruang utama (disebut sahn) dan empat sayap berupa gang beratap untuk berteduh (disebut mugatha/suntuh). Hiasan di masjid ternyata bukan berupa kaligrafi melainkan ukiran bunga dan tumbuhan. Dan berbeda dengan masjid lainnya, kubah masjid ini tidak berbentuk bulat namun persegi 8 dan agak gepeng. Kubah berjumlah 5 buah, yang paling besar berada diatas bangunan utama dan 4 lainnya diatas masing2 sayap. Disetiap ujung kubah terdapat ornamen bulan sabit sebagai penghias.






Tapi, liat aja foto di atas, terutama foto terakhir. Keliatan banget kalo mesjid ini udah gak diperhatikan lagi kelestariannya. Kalo misalnya masuk ke dalam tempat wudhunya *tempat wudhu akhwat ya, eike kan perempuan*, banyak banget benda-benda enggak penting tertonggok disitu. Ada yang buang ludah sembarangan, yah gitulah. Halamannya masih bagus, tapi liat aja daerah depan mesjidnya. Kacanya udah banyak yang pecah, catnya udah gak murni lagi gara-gara banyak kotoran entah apa di dinding, yaa seperti itulah. Padahal kalo dipikir, ini kan tempat wisata. Pasti ada aja bule ataupun wisatawan domestik yang berkunjung, foto bareng bahkan dijadiin tempat foto pre wedding.

Yang peduli sama mesjid ini? Kalo di tempat akhwat, cuma satu. Itupun nenek-nenek umur 85 tahun. Bayangin aja, umur 85 masih kuat buat ngutipin mukena yang asal ditaruh aja sama penggunanya atau waktu shalat dijadiin apaa gitu makanya kotornya ampun. Memang, minjem mukena disana kudu bayar, tapi aku rasa itu wajar karena orang sekitar ataupun pemerintah enggak ada nyiapin dana buat kemaslahatan mesjid ini. Aku juga kurang tau soal kasnya, tapi jelasnya kurang kalo enggak ada bantuan pemerintah. Jelas, ini udah kewajiban pemerintah kota Medan buat nyiapin program atau dana khusus buat melestarikan tempat-tempat bersejarah kayak gini. Bayangin aja, berapa dana yang harus dikeluarin buat gantiin kacanya yang pecahnya banyak dan ornamennya langka gitu? Baru kaca, belum cat, pilar, menara, dan lain-lain. Kalo cuma makein kasnya, jelas aja gak cukup.

Dan siapa lagi yang harusnya peduli kalo enggak kita? As we know, kalo kita ngarepin pemerintah aja buat pelestarian mesjid ini, entah kapan ditangani. Kepercayaan masyarakat sama pemerintah soal beginian memang udah bernilai nol karena kebanyakan janji tapi enggak ada realisasi. Bukannya kalo kita melestarikan mesjid ini berarti kita udah menanam sekian kebaikan buat diri kita sendiri? :)


data dan gambar diambil dari wikimapia.org

0 comments:

Posting Komentar