Rabu, 21 Desember 2011

Ana Uhibbu...

Judulnya ini emang agak asing di telinga kaum awam. Ini bahasa Jawa, eh, bahasa Arab, artinya: aku cinta... Yayaya, artikel kali ini emang asli bin murni ngomongin soal cinta, yang dari zaman aku belum ada di dunia sampe sekarang, cinta itu tetep terus ada, bahkan yang namanya cinta akan terus berjalan hingga ke syurga *kalo neraka mah mana ada namanya cinta, yang ada mah siksa*. Terlalu banyak orang yang mengagungkan cinta memang. Saking semangatnya mengagungkan cinta *dalam hal ini cinta antara lawan jenis yang menuju ke arah hubungan yang lebih serius*, mereka sampe lupa bahwa masih banyak yang harus diperhatikan dan diurus selain itu. Bahkan, masih banyak yang jauh lebih indah dibanding itu. Hah?

Gini ajadehya, cinta itu apaan sih? Nama tokoh utama dalam film Ada Apa dengan Cinta? Atau sejenis makanan ringan? Atau sejenis hewan purba? Ataauu~ udah deh, makin ngawur aja *penulisnya yang ngawur bukan pembacanya wooo*. Cinta itu, kata banyak temen yang udah pernah jatuh cinta dan pacaran, adalah perasaan yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata. Sebenarnya sih bisa, toh kita bisa namain perasaan itu dengan "cinta". Ada yang bilang, cinta itu kayak duri halus, masuknya duri ke kulit itu gak kerasa, tapi pas dicabut sakitnya luar biasa #eaaa. Ada juga yang bilang cinta itu kayak madu, manisnya kerasa sampe ke tenggorokan, kalo cinta manisnya kerasa sampe jiwa raga #aseeek. Jadi, cinta *pada lawan jenis* itu banyak artinya, tergantung yang mengalami juga.

Tapi, kenapa sih cinta itu ujung-ujungnya bikin banyak orang terluka? Tiap hari itu adaaa aja orang yang nangis gara-gara itu, apalagi perempuan. Ada yang kalo datang ke sekolah matanya bengkak sebesar lengkeng *???* gara-gara nangis baru berantem sama pacar. Ada yang selama di sekolah itu kerjanya ngelamun aja mikirin doi sampe ditanya guru berapa 13 ditambah 7 jawabnya 30 *waduh*. Ada yang pas istirahat gak mau keluar kelas karena muak jumpa si doi. Banyak banget keluhan jiwa itu gara-gara cinta. Apa emang setiap cinta itu begitu? Nah, terus kenapa ada hukum larangan pacaran dalam Islam? Kenapa sih pacaran itu dilarang? Kenapa mereka langsung nikah gak pake pacaran, cobak?

Sejujurnya aku juga enggak pernah pacaran makanya aku enggak tau persis pacaran itu gimana. Aku juga "menganut" hukum larangan pacaran. Alasannya? Aku kutip aja ya penggalan cerita dari cerita bersambung soal kenapa ada hukum larangan pacaran. Ini agaknya susah untuk dimengerti tapi kalo dibaca 3 kali terus panggil nama aku 3 kali mungkin langsung ngerti *dilempar pensil 2B*.

Aria: "Gw juga ga terlalu mengerti hukum pacaran itu, Di. Tapi, sebagai seorang mantan aktivis mushalla SMA, dan sebagai seorang mahasiswa Matematika di perguruan tinggi ternama, aku bisa menjelaskannya dengan fenomena Aljabar."

Aku: "Wuanjrit, gaya bener lu. ALE ama ALin aja C, itupun ngulang dua kali.."
Aria : “Justru karena ngulang dua kali, makanya gw bisa paham esensinya.. mau denger kaga ?..”

Aku: "Yaudah.. gimana, gimana?
Aria : “Kalau misalnya kita modelkan hati kita ini sebagai sebuah lapangan F, maka setiap bilangan yang terdapat di F, dapat kita katakan sebagi perasaan-perasaan yang ada di dalam hati kita. Bilangan di dalamnya kan macam-macam tuh, begitu juga hati kita,.. ada rasa senang, sedih, benci, cinta, sayang, marah, pokoknya semua rasa enak dan ga enak ada didalamnya.. Ok, ampe sini lu paham kaga ?..”
Aku : “Hoo.. iya, iya, terusin..”
Aria : “Nah, sekarang kita masuk ke lingkup yang lebih kecil.. Kita bisa modelkan segala macam rasa cinta di hati kita terhimpun dalam sebuah ruang vektor di F, sebutlah ruang vektor L, misalnya.. gimana ?”
Aku : “Udah, terusin,.. gaya amat lu, sok bikin penasaran..”
Aria : “Hehe.. Trus, dalam ruang vektor L, kan ada banyak subruang tuh,.. nah begitu juga rasa cinta tadi, ada subruang cinta untuk orangtua, subruang cinta untuk keluarga, subruang cinta untuk sahabat karib, subruang cinta untuk lingkungan sekitar, subruang cinta untuk teman, dan yang spesial, ada subruang cinta untuk calon pasangan hidup kita.. nah, subruang yang terakhir inilah tempat buat yang namanya pacar.. oke, untuk itu kita sebut subruang P,.. ampe sini gimana ? paham ?..”
Aku : “I see, I see,.. terusin..”
Aria : “Tapi, perhatikan, Di.. di F ada satu bilangan yang ia selalu muncul dan mutlak harus ada di setiap ruang vektor dan subruang, bahkan ia menjadi alat bukti untuk salah satu syarat bahwa P benar-benar merupakan subruang dari L, dan menjadi salah satu syarat L sebagai ruang vektor.. bilangan apa itu ?..”
Aku : “Mmm.. nol, donk..”
Aria : “Tumben lu cerdas, Di..”
Aku : “Sialan lu,.. emang kenapa ama bilangan nol ?”
Aria : “Tuh kan, bego lagi,.. pertanyaannya adalah, untuk siapa bilangan nol itu ?.. dan, mengapa di setiap subruang cinta kita ia selalu ada ?..”
Aku : “Mmm..”
Aria : “Jika nol selalu ada dimanapun,.. maka ia selayaknya ditujukan untuk Dzat yang selalu ada, alias kekal,.. siapa ? TUHAN, jawabannya..”
Aku : “Ya.. ya..”
Arias : “Ee, jangan ya-ya dulu,.. blon selesai,.. kesimpulannya apa ? Ketika kita mencintai siapapun, ntah orangtua, teman, atau pacar sekalipun,.. selayaknya kita menyertakan rasa cinta kepada Sang Pencipta di dalamnya,.. atau istilah Islaminya adalah ‘mencintai karena Allah’. Jadi, sebenarnya bentuk cinta kepada Sang Khalik bukanlah sebuah bentuk yang terpisahkan. Justru ia menjadi satu kesatuan dengan bentuk cinta kepada yang lain, dan terintegrasi kuat dalam esensi cinta itu sendiri. Gimana ? “
Aku : “Aaah, lu mulai pake istilah-istilah aneh lagih.. tapi gw bisa paham maksud lu, Ya.”.
Aria : “Nah, yang jadi masalah selanjutnya adalah, tidak segampang itu menerapkannya. Fenomena kebanyakan yang terjadi adalah justru pacar itu yang bergeser menjadi Tuhan kita,.. naudzubillah.. Misalnya ni, pas lu makan ingat Lina, pas lu kuliah ingat Lina, pas mo tidur lu ingat Lina lagi,.. paling parahnya, ampe pas ibadah pun jangan-jangan lu ingat Lina juga,.. lha, kan jadinya bergeser esensi cinta tadi..”
Aku : “Lho, lho,.. kok bawa-bawa Lina…”
Aria : “Hehe.. kan misalnya, Di.”
Aku : “Mmm.. ya, ya.. jadi menurut lu karena itu makanya sebagian ustadz ngelarang ?..”
Aria : “Mungkin.. itukan menurut gw..”
Aku : “Gile bener lu, Ya, fenomena Aljabar tadi, dahsyat..! Lu dah ngalahin Harun Yahya kalo gini.. ”
Aria : “Weizz.. Harun Aria, sekarang.. hehe..”

Naah, gimana? Agaknya ribet ya, tapi yaaa begitulah. Kita kudunya mencintai sesuatu karena Allah, bukan karena sesuatu. Misalnya, kita cinta emak kita karena emak kita ngasih duit lebih buat jajan. Naah, itu kan udah nyalah. Seharusnya kita cinta emak kita karena Allah udah menjadikan beliau sebagai "malaikat" kita. Termasuk soal cinta kepada yang lawan jenis. Dan biasanya, yang namanya pacaran itu pastinya ujung-ujungnya bukan ke Allah tapi ke makhluk itu langsung. Jadi, alangkah baiknya jika kita cukup mencintai jodoh kita kelak dan itu karena Allah menganugerahkan dia sebagai jodoh kita. Jadi kan antara dua insan itu bisa timbul cinta kepada Allah lebih dalam lagi. Nah, dateng jodohnya kalo gak dari pacaran dari mana? Dari got? Ya kagak. Pokoknya Allah bakal memudahkan jalan manusia yang mencintaiNya, tenang aja deh.

Jadi kalo misalnya udah pacaran nih, gimana dong? Itu sih tergantung makhluknya juga. Agama itu kan enggak memaksa. Toh amal baik en buruk kita yang nanggung itu masing-masing diri kita kan? Kalo memang mau menjalankan ya udah jalankan aja. Kalo mau keluar dari semuanya, aku kasih ni caranya. Perlahan lahan dengan cara yang baik kita jauhi dia. Kalo doi ngerasa, kita kasih pengertian dengan cara yang baik en putus baik-baik. Bukan berarti silaturrahim itu putus kan? Kalo emang jodoh Allah bakal ngasi jalan terindah buat mempertemukannya lagi kok #eaaa.

Susah ya? Tapi kalo kita emang mau berusaha lama-lama bisa kok. Tetaplah berusaha untuk menghadirkanNya di setiap sisi kehidupan kita en kita bakal dapet yang terbaik, insyaAllah. :)

0 comments:

Posting Komentar