Sabtu, 17 Desember 2011

Kuliah Hingga Level Tinggi

Yah, that's rite. Hari ini aku bakal banyaak banget ngeposting sesuatu yang bisa di-post. Biasa, weekend, jadinya menghabiskan waktu untuk berbagi kepada fans-fans di luar sana *bleh*.

Oke, hari ini saya senang. Meskipun ujian kimia agaknya sedikit menyebalkan karena ada 2 soal yang gak lengkap pertanyaannya, tapi alhamdulillah kipas angin di ruangan ujian tadi nyala. Penting? Enggak. Abaikan. Ada 1 hal yang buat saya senang hari ini tapi sekali lagi tidak akan diekspos ke media *dilempar gayung*.

Aku mau bahas 1 topik yang agaknya cukup berlaku buat umur 6 tahun ke atas: pendidikan. Agaknya topik ini sedikit membosankan. Tapi tanpa kita sadari pendidikan itu menjadi tolok ukur bagi kehidupan. Dalam agama aja dijelasin kalo orang yang berilmu itu lebih tinggi beberapa derajat dibanding dengan yang enggak berilmu, dan salah satu caranya dengan mengenyam pendidikan baik formal maupun nonformal. Bahkan, kalo ada perempuan yang dipinang sama 2 orang, emaknya ditanya siapa yang harus dia pilih. Pasti sang emak lebih milih yang berpendidikan, dan rata-rata yang berpendidikan lebih tinggi itu biasanya agak tajir *halaah*.

Kemarin aku pulang naik angkot *biasanya kan gitu sih*. Jadi di dalam angkot itu ada 3 ibu, dan yang setau aku 1 diantaranya adalah emak peserta wisuda di universitas paling bergengsi di Medan *bukan sejagat*. Cerita mereka panjang lebar, dan satu cerita yang lengket di otak soal temen sebaya mereka yang ngambil kuliah S2. Mereka bilang, buat apa kuliah S2 begitu. Mending dia kerja aja gak usah repot kuliah. Dan mereka enggak percaya kalo kuliah S2 itu ada yang pake beasiswa.

Jujur, spontan aku senyum-senyum sendiri. Berarti mereka masih punya satu paradigma yang enggak ganti-ganti: kuliah cuma buat kerja. Kan gak mesti kuliah juga baru kerja. Bangun warung depan rumah juga kerja. Malah kerjaan buka warung depan rumah masuk kategori pedagang, dan kalo dibuat data diri, terus ditanya pekerjaannya apa, pedagang masuk pilihan. Dan bangun warung itu gak mesti kuliah dulu.

Dan menurut penilaianku, masih banyak yang berpikir kalo uang itu di atas segalanya, kayak lagu Rhoma Irama, Judi *kagak nyambung neng~*. Ilmu, dalam hal ini pendidikan formal, cuma jadi syarat yang harus dipenuhi aja, karena tiap lowongan kerja dibuka biasanya salah satu syaratnya: pendidikan formal minimal D3/S1. Jadi, sebenarnya kuliah 3-4 tahun, yang menguras waktu en tenaga, yang menguras kocek sampe sobek berlipat itu cuma menuhin persyaratan itu aja? =.=

Baiklah, kalo memang pemikiran orang seperti itu. Toh kita gak bisa maksa pemikiran seseorang. Tapi kalo aku ditanya ilmu itu buat apa, ilmu itu bisa terbagi dua, bisa buat ibadah plus berbuat baik pada sesama, satu lagi ilmu itu bisa buat maksiat plus berbuat buruk pada sesama *karena disini semua ilmu belum tentu baik*. Nuntut ilmu yang baik juga ibadah kan? Kalo kita mau buat baik tapi gak ada ilmunya, misalnya mau bantuin temen ngerjain soal, kalo gak ada ilmunya juga gak bisa ngebantu. Kita mau ngelaksanain ibadah, shalat misalnya, kalo gak ada ilmunya ya sama aja gak bisa ngelaksanain. Mau korupsi, kalo gak ada ilmunya, mana bisa berbuat seburuk itu. Dan semua itu bisa buat kita lebih deket atau lebih jauh sama Yang Maha Memiliki Ilmu. Berarti, ilmu itu bisa buat kita makin deket sama Dia, bisa juga makin jauh sama Dia.

Ilmu itu memang gak hanya di kelas ataupun di laboratorium. Nonton TV kita juga bisa dapet ilmu. Buka internet juga bisa dapet ilmu. Tapi kalo dia orang bener2 penasaran dengan sebuah ilmu dan dia ingin mendalaminya, kan gak apa-apa kalo dia kuliah. Ilmu dia bisa diaplikasikan ke orang banyak, bahkan bisa buat penemuan baru yang bisa memajukan diri sendiri, keluarga bahkan bangsa sendiri. Dan tentunya ilmu yang diaplikasikan itu ilmu yang baik dan bermanfaat.

Beasiswa? Sampe S3 pun ada. Meskipun memang agaknya pas-pasan buat kuliah tapi setidaknya biaya kuliah itu memang terpenuhi. Dan kalo kita memang niatnya baik buat nuntut ilmu pasti ada aja jalannya biar bisa tercapai. Kalo perempuan yang kuliah sampe S3, why not? Toh perempuan sama laki-laki punya hak yang sama buat nuntut ilmu. Minimal dia bisa aplikasikan ilmunya itu buat dirinya, suaminya dan anaknya. *ciyeee yang udah ngomongin suami xDDD*

So, jangan pernah anggap aneh kalo ngeliat orang tua mau kuliah sampe S3. Dukung aja, toh itu juga buat kebaikan dirinya. Betul tidak? *pake nadanya Aa Gym :D*


0 comments:

Posting Komentar