Sabtu, 17 Desember 2011

EHEF 2011

Oke, disini aku bakal cerita soal EHEF 2011 kemaren *aku udah lupa tanggalnya, maap yah*. EHEF itu jangan dibaca EHEP ya, atau pake tekanan di huruf H-nya. Biasa aja nyebutinnya. EHEF itu kepanjangan dari Europe Higher Education Fair. Diadain di Indonesia tiap tahun, en tahun ini diadain di Jekarrdah di JCC, sama di Medan di Grand Aston. Tenang, acara ini gratis kok. Kan mumpung gratis, cuma kudu daftar di situsnya terus print emailnya *karena ada nomor telepon, eh, nomor tiketnya*, jadi deh melenggang masuk ke Aston. Jujur, itulah pertama kalinya aku dateng kesana. Kalo gak gratis mungkin gak akan pernah aku kesana *katrok*. Disana aku normal kok tingkahnya, gak jingkrak-jingkrak *lebay*.

Oke, dan setelah masuk hall-nya, satu hal yang baru kusadari: gak ada anak SMA! Ya ALLAH, aku (merasa) paling muda disana. Bayangin aja, setelah masuk, aku cuma liat anak SMA selain aku itu kira-kira 10-15 orang. Awalnya kebingungan juga, selain karena aku baru pertama kali kesana *semakin katrok*, banyaaak banget universitas yang ngebuat stand disana. Separuhnya dari Inggris, sisanya ada yang dari Belanda, Italia, Spanyol, Austria, Irlandia dan Jerman. Tiga negara terakhir yang kusebutin itu bukan universitas yang buka stand, tapi dari embassynya. And actually, mereka adalah bule-bule yang langsung dikirim dari universitasnya. Kalo istilah sekolahku ya tata usaha-nya la, sama dosennya. Satu stand ada yang isinya 2 bule, 1 bule aja atau 1 bule plus 1 orang pribumi yang jadi transleter.

Aku datengin stand pertama. Bradford College University UK. Isinya adalah bule laki-laki seumuran ayahku en kakak perempuan yang manis *sayang aku gak punya fotonya*. Aku bilang aku mau cari program postgraduate (S1). Sejujurnya sih iya, aku pengeen banget bisa kuliah di luar ketika S1, tapi emak babe enggak ngizinkan. Ya udah, abaikan. Bule ini berkisah kalo Bradford itu tua banget usianya, tahun 1800an udah berdiri. Mereka punya ribuan mahasiswa en nyediain beasiswa setiap tahunnya. Sistem kuliahnya *kalo gak salah* 4 tahun, 1 tahun foundation (dasar) en 3 tahun khusus jurusan yang diambil. Ternyata bule itu muslim. Dia bilang, "memang disana muslim itu dikit banget. Saya ngerti apa yang kamu maksudkan". Hihihi.

Stand kedua. University of West of England yang biasa disingkat UWE. Ini dijaga sama bule perempuan muda. Universitas ini memang terlihat mewah buat sebuah perguruan tinggi. Ada asrama, segala fasilitas yang superlengkap kayak laboratoriumnya serba ada *kayak toserba*, sampe fasilitas olahraga kayak fitness plus  ada lowongan kerja part-time en kantornya di lingkungan universitas itu. Sistem kuliahnya 4 tahun kalo S1. Dan satu hal yang buat aku agak bergidik, biayanya. Biaya kuliah plus biaya hidup satu tahun aja udah 200 juta, belum lagi yang lain. Dan sama sekali tak ada beasiswa untuk S1. =.= tapi inilah universitas yang sangat baik, karena ngasi aku 2 katalog tebel secara gratis xDDD

Stand ketiga. University of Twente Belanda. Ini yang jaga orang pribumi *bulenya lagi berdiri ngelayani yang lain*. Di Twente, dikit banget kelas internasionalnya. Kalo gak salah cuma 3 kelas. Memang, universitas ini termasuk 200 universitas terbaik dunia, en termasuk salah satu universitas terbaik di Eropa. Lingkungannya comfortable, semuanya lengkap. Besar, dan kampusnya go-green gitu konsepnya *jangan samakan sama SMA saya sekarang xDDD*

Stand keempat. Austria Embassy. Isinya ada 2 bule tua, 1 cewek 1 cowok en 1 orang kakak pribumi. Akunya dilayani sama kakak pribumi. Dia bilang kalo di Austria itu emang sama sekali gak ada kelas internasional, jadi kudu belajar bahasa Jerman dulu. Dan bahasa Jermannya minimal kudu ada di level B2 *gak ngerti? apalagi aku*. Dari segi environtmentnya juga oke, apalagi viewnya yang kita tahu itu keren.

Stand terakhir *serius abis ini aku kecapekan*, City of London University *kalo gak salah*. Dijaga sama 1 bule ganteng tapi berusia produktif *halah* en 1 orang Tionghoa. Bule ini ramahnya ampun. Semua ditanya, mulai dari aku suka belajar apa sampe nilaiku gimana. Dan dia gak nyangka kalo aku SMA *kurang ajar kan?*. Kampus ini letaknya di tengah London, dekat sungai apaa gitu namanya. Viewnya asli keren en kualitasnya dijamin excellent *kata bulenya ya*. Sistem kuliah S1nya cuma 3 tahun en mereka nyediain beasiswa disana tiap tahun. Dia bilang, aku kudu pede sama nilaiku sendiri. Ya gimana mau pede dengan nilai kalo sistem nilai di Indonesia beda sama di UK...

Abis acara ini, banyak banget yang kudapetin. Salah satunya kakiku encok tingkat dewa. Ya gimana gak encok, hall segitu gede udah kukelilingin kayak thawaf di Ka'bah. Tapi pengalaman yang luar biasa plus kebanjiran katalog ngebayar rasa encok di kaki *halah*. Malah pihak Twente ngirimin aku e-mail persyaratan lengkap buat jadi mahasiswa disana. Banyak banget bule yang ramah. Ada juga sih bule yang jutek. Tapi seenggaknya mereka baik banget, ikhlas dateng ke Medan buat ngenalin universitas mereka.

Tapi satu hal yang buat aku miris, dikit banget mahasiswa Indonesia di masing-masing universitas. Kalo di Bradford, cuma 3. Di UWE, ada 10. Di City of London, ada 20-25. Sedih memang. Kalo orang Vietnam banyak, malah mereka buat komunitas khusus disana.

Hayo, ada yang tertarik buat ikutan EHEF tahun depan? Ikutin aja infonya. InsyaALLAH tahun depan diadain lagi kok. :)

0 comments:

Posting Komentar