Rabu, 28 Desember 2011

eKTP

Jiahahaha. Biasa, yang udah cukup umur ini agak susah. Aku kan sekarang udah berumur 17 tahun 1 bulan 3 hari, jadi yaa cocoklah untuk dibilang cukup umur. Sebenarnya gak enak juga, masa-masa kecil yang dulu harus berganti jadi dewasa. Tapi yang namanya siklus kehidupan memang harus dijalani begini. Entar lagi kuliah, tamat, kerja atau mungkin lanjut kuliah lagi, selesai, menikah, punya anak, blablabla sampe tiba pada masanya untuk menghadapi kematian. Atau sebelum itu, kita telah didatangi malaikat maut. Who knows?

Jadi, sebagai warga negara Indonesia yang baik, harusnya mematuhi peraturan negara. Jadi aku menaati panggilan untuk membuat eKTP, alias KTP elektronik. Canggih sih memang. Sampe tempat, aku, emak en babe dikasih kartu nomor urut yang ternyata kami bertiga berturut dipanggil. Kami pun menunggu. Aku ngeliat ke petugasnya, 2 ibu yang kata emakku dua-duanya judes. Memang keliatan kalo ngelayaninya itu terkesan gak pake hati, cuma demi memenuhi tugas. Terakhir dia teriak, "jangan bawa pulang undangannya ini ya pak, bu." Emak celoteh, "siapa yang mau bawa pulang? sampe rumah pun kertas undangannya dibakar."

Dan akhirnya tibalah waktunya kami bertiga dipanggil. Petugas yang di bawah ngomong, "ini eKTPnya lama lagi keluar. 6 bulan lagi kira-kira." Di atas kami dilayani sama petugas yang jauh lebih ramah. Babe sama emak dipanggil duluan setelah itu aku untuk perekaman data. Dan tibalah saatnya aku. Data diriku disebutin, dan terakhir ditanya, "mahasiswa?", "siswa mbak~" jawabku. Segini muda mukanya kok dibilang mahasiswa *dilempar combro*

Dan akupun difoto tanpa kacamata. Mulai dilakukan perekaman data, dari sidik jari sampe kira2 6 kali terus diminta x-ray iris mata sama tanda tangan. Aku nanya, "mbak, saya belum buat KTP sebelumnya, ini baru pertama kali. Jadi apa saya buat KTP biasa juga atau gimana?" Mbak yang kutanya nyodorin pertanyaannya ke bapak-bapak di sebelahku. "Penting enggak itu?" "Yaa enggak terlalu penting sih pak~" "Yaudah, gakusah dibuat, eKTP aja".

Belakangan aku baru tau kalo eKTP itu kayak kartu juga, cuma ada chip gitu di dalamnya. Disitu ada sidik jari sama x-ray iris mata kita sebelumnya. Yah, sudah mulai keliatan kalo Indonesia mulai lebih modern~

0 comments:

Posting Komentar